- See more at: http://cybersidakaton.blogspot.com/2012/11/cara-membuat-link-blog-berwarna-warni.html#sthash.q4G0GS7m.dpuf

Tuesday 10 February 2015

7 Aktivitas Yang Bikin Traveling Lebih Bermakna

Traveling memang membutuhkan uang, namun mungkin pengeluaran ini bisa disebut investasi. Ya, dengan traveling kamu bukan semakin miskin, namun justru semakin kaya! Pengalamanmu akan bertambah, kamu melihat dunia luar, mengasah pribadi, mempererat persahabatan.
Namun nggak jarang, kita traveling malah nggak dapat apa-apa selain capek. Rugi banget kan kalau waktu yang sudah kita alokasikan buat traveling malah terbuang percuma. Atau kita malah tambah dongkol dan uring-uringan ketika traveling?
Jejakku akan share tentang aktivitas yang bikin traveling lebih bermakna!


1. Cicipi Kuliner Lokal

src: kopistory.com
src: kopistory.com
Mungkin kamu nggak terlalu suka kuliner. Tapi nggak ada salahnya mencicipi makanan khas di suatu tempat. Belum tentu kamu bisa datang lagi ke tempat itu kan? Nggak usah takut masakannya nggak enak atau nggak sesuai ekspektasi. Yang penting adalah kamu dapat pengalaman baru.
Masalah enak nggak enak bisa dinomorduakan, ketika kamu mencicipi makanan khas suatu daerah, yang mungkin agak aneh dan ekstrim. Kamu akan punya pengalaman yang tidak akan terlupakan.
2. Belanja souvenir khas
src :jogjaid
src :jogjaid
Inilah landmark mini yang bisa kamu bawa pulang, souvenir! Nggak usah beli yang mahal-mahal. Barang-barang murah pun bisa kamu borong. Selain untuk oleh-oleh, souvenir khas bisa kamu koleksi dan kamu pajang berdampingan dengan foto-fotomu.
Selain itu, kalau kamu belanja souvenir khas daerah, kamu juga turut mengembangkan industri pariwisata lokal yang mungkin menghidupi ratusan pengrajin souvenir beserta keluarganya. Penuh makna, penuh jejak positif !
3. Berinteraksi dengan penduduk lokal
Jangan jadi pendatang yang sombong! Kita adalah tamu, dan orang sekitar adalah orang pertama yang akan kamu mintai bantuan ketika kamu ada masalah saat traveling, bukan keluargamu di rumah. Jadi, beramah-tamahlah dengan mereka.
Nggak ada salahnya ngobrol-ngobrol, kamu bisa dapat informasi menarik lho kalau berinteraksi dengan penduduk lokal! Kamu bisa dapat info kuliner murah, atau obyek wisata tersembunyi yang mungkin orang lain nggak tahu.
4. Belajar tentang legenda, mitos, maupun cerita unik obyek wisata
Setiap tempat wisata punya kisah mereka sendiri. Banyak kisah kisah tersebut unik dan menarik. Bahkan ada yang menyimpan misteri.
Travelingmu akan lebih bermakna kalau kamu tahu kisah kisah dibalik tempat wisata. Misalkan informasi tentang kapan tempat tersebut dibangun, pantangan yang tidak boleh dilakukan, atau khasiat-khasiat tertentu yang bisa kamu dapatkan ketika berkunjung kesana.
Cerita tersebut belum tentu benar, dan kamu nggak harus percaya. Namun, dengan tahu kisah tersebut, maka perjalanan wisatamu akan lebih kaya cerita!
5. Memperbaiki dan menjaga infrastruktur
src; tabloidjubi
src; tabloidjubi
Itu kan tugas pemerintah?! Yup, ada benarnya. Namun kita bisa juga melakukan sesuatu yang bermakna kok. Biar Tuhan yang membalas semua…weitss. Kita tahu bahwa infrastruktur wisata di Indonesia sangat buruk. Kurang toilet, penunjuk jalan (kalau yang suka hiking pasti tahu), atau banyak coretan jahil.
Kamu bisa membuat proyek besar dengan membuat toilet umu, tentu dengan penggalangan dana. Atau bikin papan-papan penunjuk jalan yang lebih murah. Kamu juga bisa mendonasikan bak sampah di sekitar obyek wisata tersebut.
Nggak ada duit? Gampaang. Jaga dan ingatkan aja pengunjung disana agar nggak corat coret atau merusak infrastruktur. Gampang namun bermakna dalam.
6. Lakukan proyek sosial.
src : seribuguru.org
src : seribuguru.org
100 meter dari tempat kita berwisata, mungkin ada anak yang putus sekolah. Kamu bisa bantu mengajar di sekolah sekitar tempat wisata. Untuk membantu guru-guru disana. Nggak harus mata pelajaran yang resmi di kurikulum kok. Kamu bisa ngajar fotografi, pengolahan sampah, membuat souvenir,pengenalan komputer, dan lain sebagainya sesuai dengan bidang kamu masing-masing.
Hal ini sudah dilakukan oleh komunitas @1000_guru dengan gerakan traveling & teaching. Jejakku berkolaborasi dengan 1000_guru ikut mempromosikan traveling & teaching lhoo. Check update jadwal terbarunya dengan download aplikasi Jejakku di Google Play. Kamu bisa tahu aktivitas lainnya yang bikin travelingmu lebih bermakna di menu Challenge.
7. Kerja Bakti Lingkungan
src : gedepangrango.org
src : gedepangrango.org
Musuh terbesar obyek wisata alam kita adalaah, apa coba? Sampah! Ya, kebiasaan nyampah sembarangan memang jadi tradisi turun temurun kita yang susah hilang.
Mulai dari puncak gunung sampai laut nggak lepas dari sampah yang berserakan. Buang sampah sembarangan itu dosa lho. Gimana nggak dosa, dengan buang sampah sembarangan, obyek wisatanya akan semakin sepi dari pengunjung. Pendapatan masyarakat juga akan berkurang dong. Mengurangi rezeki orang kan dosa, hehe.
Kamu dan rombongan travelingmu bisa bikin kerjabakti bersih-bersih tempat wisata. Kalau bisa sih kampanyekan juga, dan tegur pengunjung lain yang nyampah sembarangan. Tentu travelingmu akan lebih bermakna dan berpahala.

0 komentar:

Post a Comment