- See more at: http://cybersidakaton.blogspot.com/2012/11/cara-membuat-link-blog-berwarna-warni.html#sthash.q4G0GS7m.dpuf

Wednesday 18 February 2015

6 Pulau Gili Terindah, Surganya Wisata Lombok


wisatalombok
wisatalombok-gili-src-hotelombak.com


Lombok, pulau di sebelah timur Bali ini telah lama dikenal sebagai surga wisata pantai dan laut. Pamor wisata Lombok saat ini hampir menyamai Bali, menjadi destinasi favorit para wisatawan. Berbicara tentang destinasi wisata Lombok, tentu tidak akan lepas dari rangkaian Pulau Gili yang bertebaran bak mutiara di sekitar pulau utama Lombok.
Berdasarkan informasi dari Mas Duta dari forum Flores Backpacker, terdapat sekitar 30 Gili di sekitar Lombok. Jejakku akan mengulas 10 Pulau Gili terindah yang merangkai surga wisata Lombok.

1. Gili Trawangan
wisatalombok
wisatalombok-gilitrawangan-viva.co.id

Gili Trawangan adalah Pulau yang paling populer diantara tempat wisata Lombok lainnya. Gili Trawangan terletak di Lombok Barat-Utara, berdekatan dengan Gili Meno dan Gili Air. Banyak spot snorkeling dan diving yang indah di Gili Trawangan. Fasilitasnya pun lengkap. Kendaraan bermotor tidak diperbolehkan di pulau ini, sehingga suasananya sangat alami. Untuk menyusuri indahnya pulau ini, kamu bisa menyewa sepeda atau naik cidomo (sejenis dokar) yang ditarik kuda.
Cara ke Gili Trawangan :
-Dari Bandara Lombok International Airport naik bus Damri ke Senggigi, biaya Rp 30ribu.
-Dari Senggigi naik taksi argo sekitar Rp 90ribu, menuju Gerbang Gapura Bangsal, lanjut naik cidomo Rp 5ribu menuju penyeberangan Bangsal

2. Gili Meno
wisatalombok
gili meno-indonesia tourism

Gili Meno juga menawarkan keindahan pantai dan keindahan bawah laut. Agak berbeda dengan Gili yang lain, di Gili Meno juga terdapat danau garam. Hanya dihuni sekitar 300 penduduk, kamu lebih baik membawa sendiri persediaanmu karena di pulau ini tidak ada toko. Banyak spot diving dan snorkeling indah di Gili Meno yang sayang untuk kamu lewatkan.
Gili Meno memiliki luas yang paling kecil diantara ketiga Gili. Di Gili Meno terdapat  sudut menyelam yang spektakuler seperti Meno Wall, Sea Point Penyu dan Point Coral Blue. Di Gili Meno Anda akan menjumpai penyu bebas berenangdan species karang beraneka warna.
Cara ke Gili Meno :1. Dari Mataram menuju Pelabuhan Bangsal dan naik perahu bertiket Rp. 25 ribu lalu menyeberang ke Gili Meno.
2. Dari Gili Trawangan setiap pukul 09.30 WITA dan 04.00 WITA, atau dari Gili Air setiap 08.30 dan 03.00 WITA

3. Gili Air
wisatalombok
giliair-aquarespace.com

Tidak kalah dengan dua pulau “saudaranya” Gili Air menwarkan spot menyelam yang tidak kalah menawan. Pulau Gili Air adalah pulau yang paling dekat dengan Lombok daratan. Anda bisa mengitari pulau Gili Air hanya dalam waktu 90 menit.
Disini banyak operator diving dan snorkeling yang siap melayani anda. Spot yang indah dari Gili Air terutama adalah di bagian timur pulau.
Cara ke Gili Air : 
Dari Gili Trawangan, bisa menumpang boat dengan tarif Rp 10-15 ribu pada pukul 08.00 WITA, dan pukul 15.00 WITA untuk kembali ke Gili Trawangan.

4. Gili Kondo
wisatalombok
gilikondo-caderabdul.files.wordpress

Berbeda dengan ketiga Gili yang sudah kita ulas, Gili Kondo terletak di Lombok Timur, di Selat Alas, perbatasan dengan Pulau Sumbawa. Pulau ini masih sangat alami dan sepi, namun fasilitasnya sudah lengkap. Terdapat restoran, toilet, penginapan, dan persewaan alat snorkeling. Pemerintah setempat mempercayakan pengelolaan Gili Kondo kepada swasta, Perama Tour Travel. Apabila kamu berniat untuk menginap di Gili Kondo, kamu harus pesan terlebih dahulu di kantor Perama di Mataram.
Cara ke Gili Kondo :
Kita bisa menyeberang dari Sambelia, Lombok Timur dengan waktu tempuh kira-kira 20-30 menit dengan menggunakan kapal. Harga sewa kapalnya berkisar antara Rp. 200 ribu hingga Rp. 300 ribu pulang pergi. Dari Mataram, lama perjalanan ke Sambelia sekitar 2 – 2,5 jam melalui Aikmel dan Masbagik. Sedangkan, jika melalui rute Mataram – Senggigi – Tanjung – Senaru waktu tempuhnya lebih lama yakni 3 – 3,5 jam. Jika Anda masuk dari arah Sumbawa melalui Pelabuhan Kayangan, Sambelia bisa Anda capai hanya dalam waktu 15 menit saja.

5. Gili Nanggu
wisatalombok
gilinanggu-lokasiwisata

Gili Nanggu terletak di Lombok Barat Bagian Selatan. Pulau Gili Nanggu juga merupakan surga snorkeling. Kamu bisa menyewa alat disini, namun harganya agak lebih mahal dari Gili Trawangan. Dengan pemandangan yang tidak kalah indah dengan Gili Trawangan, Gili Nanggu yang sepi konon sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata baru bagi pengantin baru, ciyee.
Jangan lupa untuk membawa sendiri bekal makanan karena di pulau ini tidak ada toko.
Cara ke Gili Nanggu :
-Dengan jalan darat ambil rute Mataram- Sekotong, lalu menyeberang ke Gili Nanggu.

6. Gili Layar
gili layar-tripadvisor
gili layar-tripadvisor

Gili Layar juga berada di Lombok barat bagian selatan. Menurut beberapa anggota Lombok Backpacker, Gili Layar memiliki keindahan laut yang paling bagus diantara Gili yang lainnya. Pulaunya masih alami dan memiki spot diving & snorkeling yang menakjubkan.
Cara ke Gili Layar :
Hampir sama dengan cara ke Gili Nanggu (Karena satu kompleks dengan Gili Layar dan Gili Gede), ambil perjalanan darat dari Mataram ke Sekotong, lalu menyeberang dengan tarif perahu sekitar Rp 250rbu (1 perahu)

0 komentar:

Post a Comment